Pengertian Suprastruktur dan Infrastruktur Politik - EDUKASI

ADMIN

HUBUNGAN SUPRA STRUKTUR POLITIK DAN INFRA STRUKTUR POLITIK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN POLITIK

Menurut Prof. Sri Sumantri, sistem politik merupakan sebuah kelembagaan dari hubungan antara manusia yang berupa hubungan antara supra struktur dan infra struktur politik. Sistem politik tersebut menggambarkan hubungan antara dua lembaga yang ada dalam sebuah negara yaitu lembaga supra dan infra struktur politik.

a.       Pengertian supra struktur politik
Supra struktur politik sering disebut sebagai bangunan atas atau mesin politik resmi. Lembaga tersebut mempunyai tugas mengkonversikan input yang berupa tuntutan dan dukungan yang menghasilkan suatu output berupa kebijakan publik. Supra struktur politik merupakan lembaga-lembaga negara di Indonesia, lembaga-lembaga tersebut diatur dalam UUD 1945 yakni, DPR, MPR, DPD, Presiden, Wakil Presiden. Lembaga kekuasaan di Indonesia dibagi menjadi tiga kekuasaan, yaitu:
1.      Eksekutif
Di Indonesia yang menempati kekuasaan eksekutif adalah Presiden dan Wakil Presiden, yang dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh kabinet-kabinet dan juga mentri-mentri negara. Tugas dari lembaga eksekutif adalah untuk menjalankan Undang-Undang untuk mencapai sebuah tujuan dari suatau negara.
2.      Legislatif
Sistem perwakilan di Indonesia saat ini menganut sistem bikameral, hal ini ditandai dengan adanya dua lembaga perwakilan, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Kekuasaan legislatif terletak pada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang terdiri dari anggotanya yaitu DPR dan DPD. Fungsi dari lembaga legislatif adalah untuk membuat Undang-Undang bersama dengan Presiden, melantik Presiden dan Wakil Presiden.
3.      Yudikatif
Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan, yang dimuat dalam pasal 24 UUD 1945. Kekuasaan kehakiman yang berlaku sebagai lembaga yudikatif dilakukan oleh MA dan MK.

b.      Infra struktur politik
Memberi input berupa support dan demmand kepada supra struktur politik dalam rangka pengambilan keputusan politik yang menyangkut kepentingan umum.
Infra struktur politik berperan sebagai penekan dan pendukung kepada supra struktur politik dalam mengambil keputusan politik.
lembaga yang ada dalam infra struktur politik antara lain partai politik, golongan kepentingan, tokoh politik, golongan penekan.

c.       Hubungan supra struktur poliik dan infra struktur politik.
Unsur-unsur yang ada dalam supra struktur politik dan infra struktur politik saling mempengaruhi. Dimana supra sturktur politik sebagai pembuat keputusan akan mendapat masukan, tuntutan dan aspirasi dari infra struktur politik. Sebaliknya infra struktur politik. Sebaliknya infra struktur akan menopang dan melaksanakan segala produk dan kebijakan supra struktur politik. Berjalan dan berfungsinya lembaga-lembaga negara atau organisasi pemerintahan dipengaruhi oleh komponen-komponen kehidupan politik rakyat. Antara supra struktur politik dengan infra struktur politik terdapat hubungan yang saling mempengaruhi sehingga menumbuhkan suasana kehidupan politik yang serasi. Infra struktur politik memberikan masukan kepada supra struktur politik. Sedangkan supra struktur politik memperhatikan masukan dan menentukan kebijakan-kebijakan umum atau keputusan politik yang sah dan mengikat semua pihak. 
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.